Perkembangan anak usia 5 tahun ditandai dengan tinggi anak sekitar 99,9-118,9 cm untuk perempuan dan laki-laki 100,7-119,2 cm dan berat idealnya 13,7-24,9 kg perempuan dan 14,1-24,2 kg untuk laki-laki. Perkembangan otot ditandai dengan keseimbangan, koordinasi otot dan kekuatan sehingga anak dapat melakukan aktifitas fisik. Anak juga sudah mulai kehilangan gigi susu diganti dengan gigi tetap maka dari itu tanya jawab dengan dokter spesialis anak untuk berkonsultasi perkembangan anak.

Anak 5 tahun sudah dapat melakukan percakapan dengan teman sebayanya dan orang dewasa, seperti mulai dapat mendeskripsikan suatu hal. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa maka dapat menanyakan kegiatan harian dan perasaan. Kemampuan sosial anak juga sudah mulai dilakukan dengan cara belajar meminta maaf dan memaafkan temannya yang lain.

Berikut adalah cara mendidik anak 5 tahun diantaranya:

  • Berikan rangsangan stimulasi, rangsangan fisik untuk membantu perkembangan otak dengan cara mengajari anak sembari bermain, rangsangan motorik dengan cara mengajak anak mewarnai, memanjat maupun berlari, rangsangan emosional untuk membantu anak menunjukkan keinginannya dan cara melakukannya sendiri, rangsangan lingkungan untuk membantu anak bergaul dengan orang lain dan rangsangan berpikir untuk mengenal benda dan namanya.
  • Sudah dapat melakukan kegiatan fisik untuk terus mematangkan otot lebih sempurna.
  • Sudah mengenal keterampilan dan minat sehingga orangtua dapat mengarahkannya dan mendukung dengan cara memberikan latihan-latihan sederhana.
  • Memberikan latihan yang terus berkelanjutan untuk anak.
  • Memberikan tes tertulis dengan melakukan bimbingan intensif sehingga anak akan lebih mudah mengenal karakter.

Selain itu, ibu harus memahami kebiasaan anak di rumah sehingga akan memperlihatkan pribadi anak dan didikan dari orangtua akan menentukan perkembangan anak. Orangtua juga perlu mengamati pergaulan anak supaya dapat mengarahkan dengan cara menegur anak. Mulailah memberikan rasa kasih sayang dan bersabar ketika anak mulai rewel dan bandel karena jika marah akan membuat tertekan yang membuat perkembangannya menjadi terhambat. Beri apresiasi terhadap sesuatu hal yang anak selesaikan dan berikan motivasi jika anak tidak dapat menyelesaikannya sehingga anak tidak akan mudah menyerah terhadap suatu hal yang anak kerjakan.

Berikut adalah makanan untuk anak 5 tahun:

  • Minyak ikan merupakan jenis asam lemak yang diperoleh dari makanan dan baik untuk memberikan fungsi otak, dapat diperoleh di ikan salmon, sarden maupun tuna dan diet asam lemak akan meningkatkan kinerja pada anak disleksia, gangguan perhatian defisit dan dyspraxia.
  • Susu yang memiliki protein, vitamin dan kalsium dalam membantu pertumbuhan anak, dapat mengonsumsi keju yang memiliki nutrisi yang sama untuk kesehatan gigi dan tulang.
  • Wortel dengan kandungan vitamin A untuk membantu perkembangan penglihatan, memiliki betakaroten yang akan melindungi selaput lendir dan mencegah terjadinya infeksi bakteri, dapat diolah dengan cara di sup atau jus.
  • Whole grain untuk karbohidrat dengan cara mengonsumsi roti gandum dengan biji-bijian yang diberikan rutin pada anak dengan kandungan tinggi sehingga anak akan memiliki pencernaan yang baik.

Berdasarkan hasil tanya jawab dengan dokter spesialis anak maka anak 5 tahun tidak disarankan untuk kentang panggang maupun roti goreng yang memiliki garam dan kandungan lemak tinggi dan tidak bermanfaat untuk daya tahan tubuh. Jika mengonsumsi kentang panggang dapat menambah keju dan daging potongan kecil serta menambah brokoli sehingga dapat memberikan nilai kesehatan. Makanan kemasan dan minuman soda tidak dapat dikonsumsi anak karena memiliki banyak bahan pengawet.