Simak Manfaat Asuransi Jiwa yang Belum Banyak Orang Tahu Berikut Ini!

  • 3 min read
  • Feb 14, 2020

Asuransi jiwa hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu kondisi finansialnya tetap stabil, jika sedang mengalami musibah. Manfaat asuransi jiwa memang akan dirasakan oleh pihak tertanggung saat mengalami masa sulit seperti kecelakaan dan lainnya. Orang-orang yang memutuskan untuk menggunakan asuransi jiwa, tentu sudah membuat perencanaan hidup yang sangat terarah. Siapa saja bisa memiliki produk asuransi jenis ini. Namun, sebelum memutuskan untuk bermitra dengan perusahaan asuransi, Anda perlu melakukan pengecekan dan juga mempelajari polis.

Guna mempelajari isi kontrak atau polis tersebut harus benar-benar Anda kuasai, jika tidak ingin mengalami kerugian. Ada hak-hak Anda yang perlu Anda minta pada waktu yang telah ditentukan. Begitu larangan-larangan yang harus diketahui pemilik polis. Saat nasabah melanggarnya bisa saja polis itu dibatalkan. Anda tidak bisa mengajukan klaim, karena kontrak itu sudah diikat oleh status hukum yang jelas. Penyimpangan yang dilakukan dapat dituntut ke jalur pengadilan. Anda memang harus cerdas dalam memilih perusahaan asuransi yang tidak memberatkan nasabahnya dan juga tidak merugikan.

Anda bisa menyimak beberapa manfaat dari asuransi jiwa yang belum banyak orang tahu. Ternyata memiliki keunggulan yang sangat besar, agar lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini:

  1. Asuransi jiwa dapat meringankan beban pihak tertanggung, ketika tulang punggung keluarga mengalami kecelakaan. Uang santunan dapat digunakan sebagai biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga setiap anggota keluarganya sejahtera.
  2. Anda akan merasa tenang jika sudah memiliki tabungan untuk masa depan diri dan keluarga. Investasi jangka panjang ini akan sangat berguna, jika terjadi musibah yang mengancam keselamatan nyawa seseorang. Klaim asuransi dapat dicairkan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Pihak-pihak tertanggung dapat melanjutkan hidupnya tanpa merasakan kekurangan.
  3. Masa tua Anda akan terjamin dengan adanya asuransi, karena dana yang didapatkan telah terhimpun. Keluarga Anda pun akan merasakan kesejahteraan. Hasil dari tabungan yang dikumpulkan sejak dini. Jika Anda ingin mendaftarkan diri pada asuransi, memang lebih baik sejak awal dan masih dalam usia produktif. Uang yang terkumpul juga akan banyak.
  4. Saat kepala keluarga meninggal dunia, pihak keluarganya akan mendapatkan dukungan finansial yang dapat membiayai kebutuhan hidupnya seperti biasa.
  5. Suatu usaha juga dapat terselamatkan, meski pemilik perusahaan meninggal dunia. Uang asuransi dapat membuat kondisi produksi dan kinerja karyawannya tetap stabil.
  6. Asuransi dapat dimiliki siapa saja. Pemikiran orang yang mengatakan bahwa asuransi itu mahal, ternyata tidaklah benar. Pilihlah sesuai dengan kemampuan dan pendapatan Anda.

Banyak orang yang belum memahami konsep dari asuransi itu sendiri. Memang hasilnya tidak akan kelihatan dalam waktu terdekat. Namun, Anda harus tahu bahwa dengan membayar premi dengan waktu yang telah ditentukan, membuat orang bisa disiplin. Pada dasarnya Anda sama saja dengan menabung. Hanya saja kegunaannya dikhususkan untuk sesuatu yang lebih besar. Anda pasti tidak ingin melihat anggota keluarga sedih dan menderita. Umur seseorang memang tidak ada yang tahu. Musibah kecelakaan juga tidak ada yang dapat memprediksi kapan akan terjadi. Manfaat asuransi itulah yang akan menyelamatkan kondisi kritis tersebut. Penyelesaian masalah dengan santunan uang akan sedikit mengurangi beban orang yang sedang mengalami musibah.

Anda juga perlu memilih dengan baik mana perusahaan asuransi yang benar-benar berkompeten sesuai dengan polis yang ditawarkan. Tanpa transparansi suatu perusahaan akan terlihat mencurigakan. Anda harus waspada dengan hal itu. Memang siapa saja bisa memiliki asuransi sesuai dengan kantongnya, tetapi juga harus membekali diri dengan pengetahuan. pilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan. Anda bisa mengeceknya melalui internet untuk memastikan kebenarannya. Jangan langsung memutuskan, karena tergiur dengan penawaran produk keselamatan jiwa yang tidak jelas asal usulnya.

Manfaat asuransi jiwa seperti Allianz akan memberikan Anda ketenangan jika terjadi suatu kecelakaan atau juga musibah yang dapat menghilangkan nyawa. Investasi yang dilakukan akan memberikan rasa aman terhadap kestabilan finansial. Orang-orang yang ditinggalkan akan merasakan kesejahteraan, karena terbebas dari masalah ekonomi. Apalagi Anda yang memiliki banyak tanggungan, baik itu anak-anak yang banyak. Maupun yang bekerja dengan Anda, asuransi menjadi solusinya.