Bayar Pajak Kendaraan Menjadi Mudah Dengan Samsat Online

  • 2 min read
  • Nov 22, 2019
Bayar Pajak Kendaraan Menjadi Mudah Dengan Samsat Online

Semakin banyak penduduk yang memiliki kendaraan bermotor entaah itu mobil ataupun motor maka akan semakin banyak pula orang yang pergi ke samsaat untuk bayar pajak atau mengrus surat surat kendaraannya, kita bisa bayangkan berapa banyak waktu yang harus kita keluarkan jika kita datang ke samsat kemudian mendapatkan antrean paling akhir? Pastinya lama dan juga melelahkan. Tapi santai gaes, sekarang kita tidak perlu lagi antre dan mengeluarkan banyak waktu untuk mengurus pajak atau surat surat kendaraan kita, karena sekarang samsat telah menyediakan aplikasi samsat online untuk memudahkan kita semua dalam mengurus surat kendaraan kita.

Pemerintah menciptakan aplikasi samsat online dengan tujuan samsat online ini dapat memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, jadi di ciptakannya samsat online ini adalah implementasi inovasi pelayanan untuk memudahkan masyarakat.

Layanan yang tersedia dalam samsat online yaitu: Untuk kendaraan bermotor dalam keadaan pengesahan STNK 1 tahun, kendaraan bermotor dalam keadaan tidak ganti stnk, kendaraan bermotor dalam keadaan di sertai BPKB, KTP pemilik asli dan STNK, untuk kendaraan bermotor dengan keadaan tidak terlambat lebih dari 1 tahun, dan juga kendaraan bermotor dalam yang tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan kriminal.

Caranya pun sangat mudah loh gaes, kita cukup gunakan saja smartphond yang bisa terhubung dengan internet kemudian unduh aplikasi tersebut dari playstore dan lakukan proses registrasinya. Dengan aplikasi samsat online ini semua transaksi yang berhubungan dengan pembayaran pajak kendraan entah itu pajak tahunan atau pelunasan tunggakan dapat dengan mudah di lakukan dengan mudah. Berikut ini adalah cara membayar pajak melalui aplikasi online di antaranya:

  1. Download aplikasi samsat online
  2. Kemudian akan muncul berbagai pilihan dalam menu, pilih pendaraan
  3. Isi formulir, yaitu nomor polisi kendaraan anda, NIK, lima digit nomor rangka kendaraan anda, nomor telpon dan juag email
  4. Lalu tekan pilihan lanjutkan , kemudian aplikasi akan memproses data tersebut kurang lebih 1 menit
  5. Akan muncul jumlah besar pajak yang harus anda bayarkan
  6. Kemudian, untuk mendapatkan kode pembayaran anda perlu tekan tombol setuju, kode pembayaran akan keluar dan anda tigal melakukan pembayaran menggunakan mesin ATM.

Nah mudah banget bukan, ayo segera lunasi pajak kendaraan anda, jangan sampai menunggak, nah selanjutnya adalah manfaat dari samsat online, samsat online ini mempunya dua manfaat di antaranya:

  • Bagi samsat, samsat online menyajikan data lebih akurat dan up to date, sehingga bisa terlihat realisasi, dan penerima per UPT PPD maupun secara keseluruhan.
  • Bagi pengguna kendaraan bermotor atau wajib pajak, memudahkan pembayran pajak kendaraan bermotor, karena dapaat membayar pajak kendaraan di kantor bersama samsat maupun sesama 1 provinsi.

Perlu anda ketahui juga saat ini, baru beberapa provinsi yang sudah melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan cara online di antaranya:

  1. Provinsi DKI Jakarta, meliputi, Jakarta pusat, Jakarta utara, Jakarta barat, Jakarta timur, dapat di layani seacara online.
  2. Wilayah Jawa Barat meliputi, Depok, Cinere, dan Cikarang dan Bekasi.
  3. Wilayah banten, meliputi, cikokol, ciledug dan juga balaraja.
  4. Jawa Timur
  5. Jawa Tengah
  6. Nangroe Aceh Darusalam

Itulah tujuan dan juga beberapa cara, manfaat dan juga daerah daerah yang telah melayaani pembayaran pajak secara online. Ok trimaaksih semoga bermanfaat. Dan saya juga memberikan tentang informasi tentang referensi toyota avanza veloz.