5 Kalangan yang Wajib Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

  • 2 min read
  • Nov 18, 2019
Asuransi Penyakit Kritis

Belakangan ini memang marak sekali perusahaan yang menawarkan produk asuransi kepada masyarakat, mulai dari jenis asuransi jiwa, kemudian juga ada produk asuransi kendaraan, asuransi properti, pendidikan sampai dengan asuransi jiwa. Hanya saja memang tidak semuanya Anda butuhkan, satu diantaranya yang paling penting adalah asuransi kesehatan. Mengapa demikian? Karena memang penyakit adalah hal yang pasti menyerang siapa saja, dengan kenyataan bahwa biaya berobat adalah hal yang mahal harganya, maka Anda wajib paling tidak menyiapkan asuransi ini.

Asuransi kesehatan ini sendiri jenisnya juga tergolong cukup banyak, diantaranya terdapat asuransi kesehatan biasa dan juga jenis asuransi penyakit kritis. Mungkin banyak yang masih belum mengenal mengenai produk asuransi yang satu ini, karena memang tidak semua perusahaan asuransi menawarkan produk yang satu ini. Ia ditujukan secara khusus untuk pembiayaan terkait dengan penyakit kriris yang memang membutuhkan biaya pengobatan yang lebih mahal dibandingkan dengan penyakit-penyakit biasa, sehingga tidak dapat dicover oleh asuransi kesehatan biasa.

Lalu sebenarnya siapa saja yang membutuhkan asuransi untuk penyakit kritis ini? berikut ini diantaranya yang harus diketahui, yaitu:

  1. Orang-orang yang sudah lanjut usia dan memiliki riwayat penyakit kronis, seperti yang diketahui bahwa semakin bertambah usia maka resiko untuk terkena gangguan kesehatan juga semakin tinggi, apalagi jika sebelumnya Anda memiliki riwayat terkena penyakit kronis, maka besar kemungkinan nantinya akan terserang hal yang sama, itulah mengapa harus siap sedia produk asuransi ini, sehingga biaya pengobatan bisa dicover secara optimal, tak peduli apapun penyakit yang Anda derita.
  2. Terkena penyakit gagal ginjal. Pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan jenis penyakit yang satu ini, kerusakan ginjal yang membuat organ tersebut tidak mampu untuk melakukan fungsinya secara optimal, khususnya adalah untuk menyaring darah, sehingga membuat penderitanya mau tidak mau harus menjalani cuci darah secara teratur untuk bertahan hidup. Biaya yang harus dikeluarkan untuk cuci darah atau hemodialisis ini juga tidak dapat dikatakan murah, sehingga akan jauh lebih aman jika seandainya Anda memiliki asuransi, karena semua biayanya dapat dicover.
  3. Menderita penyakit jantung, jantung termasuk organ yang sangat vital di dalam tubuh, karena fungsinya adalah untuk memompa darah, jika seandainya terjadi masalah pada organ yang satu ini, seperti memiliki riwayat serangan jantung atau harus memasang ring di jantung untuk membantu dalam mengoptimalkan kinerjanya, maka butuh biaya pengobatan yang cukup mahal. Jadi alangkah lebih baik jika seandainya Anda memiliki asuransi kesehatan khusus untuk penyakit kritis.
  4. Perokok aktif, bagi seorang perokok aktif memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya resiko terjangkit beragam jenis penyakit berbahaya juga sangatlah tinggi, termasuk diantaranya adalah masalah jantung, kemudian juga penyakit pada paru-paru hingga resiko terkena kanker juga semakin tinggi. Karena memang bagi perokok resiko terjangkit penyakit berbahaya juga sangatlah besar.
  5. Terkena penyakit stroke, biaya yang harus dikeluarkan jika seandainya sudah terserang stroke ini sangatlah tinggi, termasuk diantaranya adalah biaya untuk menjalani terapi yang dilakukan setiap seminggu sekali, jadi lebih aman memiliki asuransi untuk penyakit kritis.

Memang jika dilihat dari segi premi yang harus dibayarkan untuk membeli produk asuransi penyakit kritis ini lebih mahal dibandingkan dengan asuransi kesehatan, namun sesuai dengan fasilitas yang diberikan kepada Anda, apalagi untuk membiayai pengobatan yang nilainya sangat mahal.