Masalah pada wajah begitu kompleks mulai dari kulit kusam, berminyak, jerawat, bekas jerawat, kulit bersisik dan lain sebagainya. Salah satu masalah wajah yang paling banyak dialami oleh para wanita adalah komedo. Masalah komedo menjadi challenging yang membuat banyak wanita kesal sendiri.

Adanya komedo meskipun terlihat sepele namun bisa menghilangkan kepercayaan diri.  Komedo adalah benjolan kecil yang ada di permukaan kulit. Komedo tidak hanya di area wajah namun bisa saja muncul pada area leher, bahu, lengan, punggung dan dada.

Tips Menghilangkan Komedo di Wajah Mudah dan Cepat

1. Tomat

Menurut aplikasi Storie, tomat memiliki senyawa antioksidan yang penting yaitu likopen. Likopen berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal itu bisa menjadi agar sel kulit mati nantinya tidak menumpuk menjadi komedo.

Selain sebagai penghilang komedo alami tomat juga baik dipakai sebagai sun protection meminimalisir kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Tips menghilangkan komedo dengan tomat yaitu tumbuk halus tomat lalu oleskan pada area wajah untuk menjadi masker kurang lebih setengah jam setelah itu bilas sampai bersih dengan air.

2. Lemon

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C dan asal alfa hidroksi. Khasiatnya bagi kulit mampu menangkal radikal bebas sehingga lemon bisa dipakai untuk menghilangkan komedo.

Tips menggunakan lemon yaitu peras lemon, lalu air hasil perasaannya di oleskan ke seluruh area wajah yang berkomedo. Tunggu hingga 15 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Lidah buaya

Tumbuhan banyak fungsinya ini ternyata bisa juga dipakai menghilangkan komedo secara alami di wajah. Fungsi utama dari lidah buaya yaitu sebagai peremajaan kulit, menghilangkan sel kulit mati, dan untuk menghidrasi kulit. Sebagai penghilang komedo, lidah buaya memiliki fungsi mengecilkan pori-pori.

Tips menghilangkan komedo di wajah dengan mudah dan cepat menggunakan lidah buaya yaitu ambil gel pada batang lidah buaya, oleskan secara merata di area kulit wajah yang berkomedo, tunggu selama 15 menit, setelah itu cuci dengan air bersih.

4. Madu

Khasiat madu yang dipakai sebagai masker sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Zat anti oksidan dan anti bakteri di dalamnya berguna untuk menghilangkan komedo denan mudah dan cepat.

Cara penggunaannya sangat simple oleskan satu sendok madu asli merata ke area wajah, tunggu sampai setengah jam lalu bilas degan menggunakan air bersih.

5. Putih telur

Tips menghilangkan komedo di wajah mudah dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Kandungan asam folat dan asam amino yang tinggi pada putih telur bisa menghilangkan komedo secara alami dan berfungsi juga untuk mengecilkan pori-pori kulit.

Cara aplikasi masker putih telur yaitu putih telur dikocok sampai tidak mengental lagi lalu dioleskan pada area wajah, tunggu sampai 15 menit hingga masker mengering lalu bilas dengan air bersih.