Tiba-tiba Followers Instagram Bertambah Signifikan? Apa Sebabnya?

  • 2 min read
  • Jul 14, 2021
Followers Instagram

Akhir-akhir ini sering kali ketika masuk pada akun media sosial instagram, melihat tibatiba followers instagram bertambah dalam jumlah yang banyak. Jadi kejadian tersebut sempat viral dan menjadi perbincangan di twitter.

Ada yang senang dengan kejadian tersebut, karena nyatanya memang followers bertambah secara signifikan.

Namun ada juga pengguna akun instagrams tersebut yang merasa aneh dan malah mempertanyakan perilah pertambahan followers yang tidak biasa tersebut. Mereka takut jika hal tersebut karena instagram telah di hack, sehingga membuat akun instagram bisa disalahgunakan.

Penyebab Followers Instagram Bertambah Mendadak Bertambah

Penyebab followers instagram mendadak bertambah tersebut dikarenakan beberapa faktor. Berikut dibawah adalah faktor yang mengakibatkan terjadinya kejadian tersebut.

1. Followers Bertambah Signifikan Karena Adanya Bug

Followers instagram yang mendadak bertambah itu ternyata dikarenakan instagram mengalami bug (celah). Jadi hal tersebut dipengaruhi dengan melonjaknya pengikut atau follower pada beberapa akun instagram setelah seseorang posting gambar terbaru.

Tiba-tiba saja followersnya langsung bertambah. Bug ini semacam virus yang menyerang suatu halaman, salah satunya instagram. Soal dari mana datangnya virus tersebut masih menjadi penyelidikan lebih lanjut.

Namun pengelola dari instagram berjanji akan mengatasi hal tersebut agar kembali normal. Kejadian tersebut mengakibatkan salahnya jumlah followers yang muncul pada beberapa profil. Karena cepatnya respon dari instagram, maka hal itu segera teratasi.

Para pengguna yang terkena imbasnya segera pulih kembali sedia kala berkaitan jumlah follower dari instagram mereka. Meskipun akhirnya kejadian kembali normal, ternyata banyak yang merasa kecewa juga karena sudah salah kira mendapatkan followers instagram yang banyak.

Hal tersebut tentunya juga menjadi perhatian tersendiri bagi pihak instagram untuk lebih mengetatkan keamanan mereka. Karena pengguna instagram ini termasuk paling banyak dan paling diminati. Jika kemananya kurang tentunya kan banyak juga pengguna kecewa dan beralih ke platform lainnya.

2. Karena Adanya Pengaruh dari Akun Bot

Followers instagram yang tiba-tiba bertambah pada suatu akun juga bisa dikarenakan oleh akun robot yang diperintahkan untuk menambah followers. Jadi sekarang ini sudah banyak sekali akun yang dikendalikan oleh robot yang memang sengaja dibuat untuk kepentingan jual beli akun.

Karena dengan bantuan akun robot ini bisa digunakan untuk segala kepentingan, seperti melakukan perintah untuk menyukai akun tertentu. Bukan hanya akun tapi juga bisa menyukai suatu page atau merk tertentu atau akun selebritis.

Robot ini biasa dikenal dengan istilah “Spambot”. Robot ini juga bisa diperintahkan untuk menyebar pesan loh. Jadi banyak pengguna yang juga terkecoh karena aktivitas yang mirip dengan manusia itu. Oleh karenanya penambahan follower itu juga akibat dari robot-robot yang diperintahkan tersebut.

Untuk masalah yang satu ini juga mendapatkan perhatian dari pengelola instagram. Instagram telah membuat suatu sistem, yaitu sistem anti spambot. Sistem ini dikatakan bekerja dengan baik, secara manual dan juga secara otomatis.

Imbas Menggunakan Bot untuk Menambah Followers

Cara ini sebenarnya termasuk cara curang ya, karena dilakukan oleh akun fake. Sebenarnya disayangkan, karena pihak instagram masih bisa kecolongan. Itulah sebabnya sebaiknya instagram mulai mawas diri untuk berubah dalam sistem keamanan mereka.

Karena instagram adalah platform yang bisa digunakan untuk menjual iklan, jadi sepantasnya pihak instagram juga melakukan transparansi kepada pemasang iklan. Keakuratan Tersebut salah satunya yaitu dari data baik pengguna maupun jumlah followers yang akurat.

Itu tadi adalah beberapa penyebab yang bisa mempengaruhi followers instagram mendadak bertambah dengan angka yang drastic sekali. Apapun itu, tetap waspada dalam mengunggah data diri ya, karena yang namanya sistem pasti tetap ada kelemahannya yang bisa ditembus oleh manusia.