Rencanakan Liburan Sejak Sekarang, Pantai Wohkudu Yogyakarta Bisa Jadi Pilihan!

  • 2 min read
  • Jan 09, 2020
Pantai Wohkudu Yogyakarta

Akhir tahun sebentar lagi. Percaya deh, memasuki Desember nanti kita bakal terheran-heran. Rasanya baru kemarin mau siap-siap liburan akhir tahun 2019. Kok sekarang sudah mau tahun baru 2020!

Meski kamu punya budget lebih untuk liburan ke luar negeri, gak ada salahnya cobain yang lokal dulu. Misalnya menikmati Pantai Wohkudu Yogyakarta. Ya apalagi kalau budget-mu ngepas. Hehe, bisa cari paket tour  Jogja yang nyaman di hati dan aman di kantong.

Kata orang-orang, Indonesia itu indah! Buktinya mereka yang dari luar sana banyak yang berlibur kemari. Bukan hanya Bali, masih banyak wilayah lain di Indonesia yang layak untuk dikunjungi wisatawan. Salah satunya Yogyakarta.

Kalau biasanya wisata Yogyakarta khas dengan belanja di Malioboro dan berkunjung ke Keraton, kamu perlu ke pantai yang konon, belum terlalu ramai ini. Namanya Pantai Wohkudu.

Terletak di Dukuh Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Posisinya terjepit di antara dua bukit besar. Jarak Pantai Wohkudu dari Kota Jogja sekitar 1,5 jam dilanjutkan dengan tracking melalui jalan setapak dan menuruni bukit. Tenang … lelahmu pasti terbayar saat menikmati Pantai Wohkudu Yogyakarta ini!

Dilihat dari review pengguna Google, Pantai Wohkudu memang masih asri dan menjanjikan banget, terutama untuk para pekerja yang ingin menyegarkan pikiran. Selain berdekatan dengan pantai lainnya, di sini kita juga bisa memancing, bahkan dianggap paling recommended untuk kegiatan camping.

Karena posisinya yang terapit bukit, Pantai Wohkudu seperti tersembunyi dari dunia luar. Hal ini justru menjadi nilai lebih bagi Pantai Wohkudu dibanding pantai lainnya di Gunung Kidul. Garis pantai lebih pendek dengan hamparan pasir yang tidak terlalu luas, membuat pantai ini seperti milik pribadi. Jadi makin seru kan bertualang di tempat yang belum terjamah banyak orang!

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk masuk ke area pantai. Cukup 3000 rupiah per orang, kamu sudah bisa cuci mata dan pikiran dengan pemandangan alam yang luar biasa, atau swafoto dengan latar alami yang mengagumkan. Tahu sendiri, Jogja memang terkenal dengan harga-harganya yang ramah.

Kalau ingin lebih berhemat lagi, kita bisa gunakan jasa agen travel. Biasanya mereka punya pilihan paket wisata hemat yang bisa disesuaikan dengan anggaran customer. Misalnya Joglo Wisata, yang di lamannya terpampang lengkap informasi wisata dalam dan luar negeri, termasuk Pantai Wohkudu Yogyakarta.

Di antara paket wisata Jogja yang ditawarkan Joglo Wisata, ada paket honey moon, hunting foto, off road, wisata keluarga, serta masih banyak paket lainnya, dengan durasi yang variatif. Semua biaya yang tertera sudah termasuk transportasi, makan, minum, tiket masuk, parkir, dll. Pokoknya beres , tanpa ribet!

Biarpun Jogja serbahemat, ada baiknya tetap menabung dari sekarang. Karena satu tempat gak bakal cukup untuk memenuhi kebutuhan refreshingmu, apalagi saat hari libur di pengujung tahun nanti. Paket wisata Jogja mungkin tidak menyiapkan oleh-oleh di antara layanannya. Tapi perkara oleh-oleh kan bukan kewajiban, yang penting kitanya hepi dulu.

Selain Pantai Wohkudu, masih banyak destinasi wisata lainnya di Yogyakarta. Tapi khusus untuk pantai yang satu ini, bisa dibilang paling wajib dikunjungi. Mumpung belum terlalu ramai. Oh ya, meskipun masih sepi, pastikan kamu tidak meninggalkan sampah dan vandalisme yang merusak alam ya!