Tips Memilih Aplikasi Keuangan bagi UKM

  • 3 min read
  • Jul 29, 2020
Aplikasi Keuangan

Aplikasi keuangan kini bukan hanya dibutuhkan oleh para pelaku industri skala besar, namun juga para pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM.

Hal ini sejalan dengan permasalahan yang sering dihadapi oleh para pelaku UKM terutama dalam hal pengelolaan modal dan keuangan.

Aplikasi keuangan atau akuntansi bisa dikatakan sebagai investasi terbaik bagi para pelaku UKM selain marketing tools dan juga sumber insani (SDM)

Ada beberapa hal yang mendasari hal tersebut; pertama akses modal adalah hal sulit yang kini dihadapi oleh UKM sehingga pengelolaan modal yang efektif perlu menjadi fokus untuk mengefisiensikan modal yang ada.

Kedua, pengetahuan terhadap pengelolaan keuangan bisnis yang masih minim oleh para pelaku UKM sehingga akses pengetahuan melalui pemanfaatan teknologi seperti software akuntansi menjadi penting.

Namun dalam pemanfaatan software accounting, para pelaku UKM harus memperhatikan beberapa hal agar investasi pada software akuntansi tidak menjadi bumerang yang membuat bisnis merugi.

Untuk itu, berikut tips dan panduan memilih software akuntansi bagi para pelaku UKM.

Pilih Aplikasi Akuntansi yang Mudah Digunakan

Pertama, software akuntansi tersebut mudah dioperasikan. Seperti yang diketahui, banyak para pelaku UKM sangat minim mendapatkan akses pengetahuan pendukung bisnis salah satunya adalah penggunaan teknologi.

Anda sebagai pelaku UKM bisa memilih software akuntansi yang memiliki aksesibilitas penggunaan yang baik. Itu artinya siapapun bisa menggunakan software tersebut; mulai dari pemilik, bagian keuangan, bahkan tim dari marketing sendiri.

Ciri-ciri software akuntansi yang mudah digunakan adalah memiliki user interface atau tampilan yang simpel, memiliki petunjuk di setiap pengoperasian dan juga otomasi koreksi jika ada kesalahan input data.

Memiliki Layanan Training dan Customer Support yang Siap dan Andal

Kedua adalah aplikasi accounting harus memiliki layanan training dan purna jual yang andal. Hal ini penting karena tidak semua pengguna baru bisa mengoperasikan software akuntansi.

Carilah software akuntansi yang menyediakan layanan pelatihan gratis baik dari segi teknis penggunaan dan juga pemahaman terhadap akuntansi.

Selain itu memiliki layanan purna jual juga penting sebagai bahan pertimbangan dalam memilih software akuntansi. 

Biasanya dalam menjalankan software tersebut, Anda mengalami kendala teknis misalnya server error, tidak memahami penggunaannya, keterbaruan fitur, dan juga masalah-masalah lainnya. Di sinilah peran customer support untuk memberikan layanan purna jual bagi Anda.

Sesuaikan Kemampuan Investasi dan Kebutuhan

Hal penting lainnya adalah sesuaikan dengan kemampuan anggaran dan kebutuhan. Biasanya penyedia software akuntansi menawarkan berbagai paket sesuai kebutuhan dan anggaran.

Misalnya pada software akuntansi Jurnal yang memiliki tiga pilihan paket yaitu starter, pro, dan juga enterprise. Ketiga paket layanan tersebut memiliki perbedaan harga dan layanan.

Misalnya pada paket starter, Anda akan mendapatkan fitur dasar software akuntansi. Paket pro Anda bisa mengatur stok barang, dan pada paket enterprise, Anda bisa membuat proforma invoice dan multi currency.

Jika Anda membeli software akuntansi secara overestimate, penggunaannya bisa menjadi sia-sia bahkan merugikan bisnis yang Anda jalankan. Jadi, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda.

Pilih Software Akuntansi yang Menjamin Keamanan Data

Hal penting lainnya adalah pilih software akuntansi yang menjamin keamanan data. Hal ini dapat dibuktikan dengan sertifikat ISO/IEC 27001 tentang information security standard.

Selain itu software akuntansi tersebut telah memiliki otoritas dari badan hukum atau pejabat setempat seperti KOMINFO. Hal tersebut cukup menjadi bukti jaminan keamanan data.

Selain itu Anda juga bisa melihat siapa saja klien dari penyedia software akuntansi tersebut dan melihat testimoni yang diberikan.

Penyedia Software Akuntansi di Indonesia

Terakhir adalah pastikan Anda gunakan software akuntansi yang ada di Indonesia. Kenapa? Hal ini memudahkan Anda untuk melakukan training atau berkonsultasi langsung dengan customer support penyedia layanan software akuntansi.

Salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia adalah Jurnal. Telah dipercaya oleh banyak perusahaan bereputasi dan juga para pelaku UKM menjadikan Jurnal menjadi pilihan terbaik bagi bisnis Anda.

Jurnal menjadi pilihan terbaik aplikasi keuangan bisnis Anda. Fitur yang disematkan pun siap memenuhi kebutuhan berbagai industri mulai dari pencatatan transaksi hingga rekonsiliasi bank. 

Anda bisa mengakses free trial 14 hari Jurnal konsultasikan bisnis Anda sekarang juga!