Mengenal Lebih dekat Vitamin D3 dan Manfaatnya

  • 2 min read
  • Aug 17, 2021
Vitamin D3

Vitamin memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Penamaan vitamin didasarkan pada urutan alfabet yang dimana setiap jenis vitamin memiliki fungsinya masing-masing. Contohnya seperti vitamin C yang digadang-gadang sebagai pilihan tepat untuk kekebalan tubuh atau vitamin E yang dikenal sebagai vitamin untuk kulit. Pada faktanya, ada vitamin lain yang tidak kalah penting untuk dipahami dan dikonsumsi, yaitu vitamin D3.

Apa itu vitamin D3?

Vitamin D3 adalah salah satu bentuk turunan dari vitamin D yang awalnya dikenal sebagai “vitamin matahari” karena pancaran sinar UVB dari matahari yang diserap oleh kulit akan diubah menjadi vitamin D. Sebenarnya, vitamin D sendiri terdiri dari 2 bentuk yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Jika vitamin D2 hanya bisa ditemukan pada tumbuhan tertentu seperti jamur, berbeda dengan vitamin D3 yang mudah didapatkan secara alami. Contohnya dari paparan sinar matahari dan sumber makanan hewani yang kaya akan vitamin D3. Oleh sebab itu, tidak mengherankan bahwa kebanyakan dokter dan ahli nutrisi merekomendasikan suplemen yang mengandung vitamin D3.

Manfaat vitamin D3

Manfaat utama dari vitamin D3 yang banyak dikenal adalah untuk kesehatan tulang. Nyatanya selain untuk tulang, vitamin D3 juga memiliki segudang manfaat yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Berikut ini macam-macam manfaat vitamin D3 yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang

Vitamin D3 membantu mengatur dan mengontrol kemampuan tubuh untuk menyerap fosfor dan kalsium dua senyawa yang memberi kekuatan dan kepadatan pada sistem kerangka dan tulang. Kurangnya mengonsumsi vitamin D3 dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan berujung pada osteoporosis.

  • Mengendalikan hormon insulin

Vitamin D3 mengontrol pankreas dalam memproduksi hormon insulin dan mengendalikan kadar gula darah secara efektif. Vitamin D3 dapat membantu penderita diabetes untuk mengolah gula darah dalam tubuh dengan tepat.

  • Mengatasi Darah Tinggi

Sebuah penelitian di Universitas Boston menemukan bahwa peningkatan kadar vitamin D3 dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menormalkannya kembali. Vitamin D3 secara aktif mengurangi konsentrasi renin – yaitu enzim yang disekresikan oleh ginjal dan memengaruhi pembuluh darah.

  • Mencegah Kanker

Beberapa penelitian membuktikan bahwa hormon aktif dari vitamin D3 yang bernama calcitriol dapat mencegah, memperlambat, dan membunuh sel kanker yang berkembang. Mengonsumsi vitamin D3 yang dikombinasikan dengan nutrisi dan serat, dapat membantu penderita kanker untuk pulih.

  • Menjaga kesehatan jantung

Fungsi jantung juga dapat dipengaruhi oleh adanya vitamin D3. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D3 berperan sebagai “penenang jantung” dengan cara meningkatkan daya tahan kardiovaskular dan menjaga sel-sel pada otot jantung agar tidak tumbuh terlalu besar. Sehingga penebalan dinding ventrikel yang menghalangi aliran darah dapat dicegah dan terhindar dari serangan jantung.

  • Mengendalikan mood

Salah satu manfaat yang paling signifikan dari vitamin D3 berdampak pada suasana hati, yang lebih dikenal dengan ‘mood’. Kebanyakan orang lebih bahagia ketika matahari bersinar terang, sedangkan pancaran sinar matahari sendiri mengandung vitamin D3 yang diserap oleh kulit. Mendapatkan vitamin D3 melalui sinar matahari adalah salah satu metode untuk mengurangi gejala depresi klinis dan mengendalikan suasana hati. Jelas perawatan khusus sangat diperlukan bagi penderita depresi, namun memastikan penyerapan vitamin yang tepat juga sangat penting,

Sumber vitamin D3

Selain melalui sinar matahari, vitamin D3 juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau makanan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D3 tinggi adalah:

  • Susu, roti, dan sereal
  • Kuning telur
  • Keju, yogurt, dan mentega
  • Ikan laut, seperti salmon, tuna, dan tongkol.
  • Hati sapi
  • Kacang almond
  • Jamur

Berdasarkan uraian diatas, rupanya banyak sekali manfaat vitamin D3. Mulai sekarang, biasakan untuk berjemur di bawah sinar mentari pagi dan membeli makanan atau suplemen saat flash sale yang mengandung vitamin D3 agar kesehatan tubuh tetap optimal dan terjaga.