Jangan Sembarangan Pilih Sabun Mandi untuk Bayi

  • 2 min read
  • Jan 28, 2021
Sabun Mandi untuk Bayi zwitsal

Sabun mandi tentunya menjadi kebutuhan perlengkapan untuk si kecil. Seperti sabun zwitsal yang telah populer sejak dahulu untuk perawatan mandi bayi. Selain, untuk membersihkan tubuh sang bayi, banyak fungsi lain dari sabun ini seperti untuk menghindari iritasi pada kulit bayi baru lahir dan menjaga kelembabannya.

Namun sebenarnya, jenis sabun seperti apakah yang aman untuk bayi baru lahir? Nah, untuk lebih jelas maka simak tipsnya berikut ini.

Berikut 5 Tips Memilih Sabun Bayi yang Tepat

1. Perhatikan Komposisi dalam Sabun

Tentunya bunda tidak ingin terjadi sesuatu pada si kecil karena salah memilih sabun mandi. Untuk itu, hindari kandungan kimia berbahaya pada sabun seperti, Triclosan and Triclocarban, Diethanolamine (DEA), Monoethanolamine (MEA), Triethanolamine (TEA), Fragrance, Phthalates and Parabens, Sodium Lauryl sulfate and sodium laureth sulfate, retinyl palmitate, DMDM hydantoin, Polyethylene glycol and propylene glycol, Cocamidopropyl betaine, Quaternium -15, Potassium sorbate, Tocopheryl acetate, Sodium benzoate, Sodium lactate, Phenoxyethanol dan Petrochemicals.

2. Pilih Bahan yang Aman

Pilih bahan alami untuk bayi guna menghindari iritasi karena kulitnya yang masih sensitif. Bahan sabun mandi yang baik untuk digunakan seperti, minyak kelapa, shea butter, gliserin, minyak zaitun, cocoa butter, bunga chamomile dan oatmeal koloid.

3. Hindari Sabun dengan Wewangian

Bahan wewangian biasanya adalah sintetis, tentunya akan menyebabkan beberapa masalah untuk kulit sang bayi. Dikutip dari HaiBunda menurut dr. Anna Juniawati Putri Gunawan, Sp. KK, penyebab dari iritasi dan alergi pada bayi terjadi karena kandungan wewangian sintetis yang ada di dalam sabun bayi.

Selain itu, terkena paparan wewangian dalam waktu yang lama akan mempengaruhi sistem saraf pusat, bahkan bisa berefek pada sistem reproduksi.

4. Hindari Sabun Antibakteri

Jangan pakai sabun mandi antibakteri untuk bayi, biasanya produk tersebut menggunakan alkohol. Karena pada dasarnya bahan antibakteri tidak ditambahkan pada produk yang digunakan untuk bayi. Kandungan ini bisa jadi akan membuat kulit bayi menjadi iritasi.

5. Perhatikan Label pada Kemasan

Pada produk bayi biasanya akan ada label khusus yang dicantumkan seperti, komposisi, tanggal kadaluarsa, deskripsi produk dan peringatan penggunaan. Untuk itu, bunda harus cermat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai sabun mandi yang baik untuk si kecil. Semoga bisa menjadi referensi untuk para ibu muda. Dan bagi kamu yang ingin belanja kebutuhan untuk sang buah hati, maka kamu bisa langsung belanja secara online di toko perlengkapan bayi sekarang juga dengan mengakses situnya diĀ  https://www.orami.co.id/shopping untuk mendapatkan perlengkapan bayi yang Anda butuhkan dan tentunya dengan kualitas terbaik.