Contoh Teks Deskripsi Kelas 7 Tentang Hewan Singa

  • Gameweb
  • Apr 02, 2022
Contoh Teks Deskripsi

Contoh teks deskripsi Kelas 7 umumnya sangat dicari oleh sebagian pelajar. Wajar saja memang karena materi ini sangat baru bagi siswa kelas 7. Sehingga untuk memahaminya, kamu harus sering membaca contohnya.

Berikut ini akan kami paparkan contoh teks deskripsi Kelas 7 Kurikulum 2013 tentang hewan Singa. Kamu bisa menjadikan contoh ini sebagai referensi dalam menyusun teks deskripsi.

Sekedar mengingatkan, Teks deskripsi merupakan sebuah teks yang menggambarkan sesuatu secara detail agar pembaca bisa mengetahui objek yang digambarkan.

Jadi, tanpa melihat secara langsung objek yang dideskripsikan, pembaca bisa membayangkan dan mengetahuinya. Objek pada teks deskripsi bisa berupa benda mati (kursi, meja, pulpen dan lain-lain), makhluk hidup (hewan, manusia, tumbuhan dan lain-lain), hingga suatu tempat.

Contoh teks deskripsi Kelas 7 Tentang Hewan Singa

Perlu diketahui, teks deskripsi memiliki tiga struktur pembangun, diantaranya gambaran umum atau identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan atau penutup.

Ketiga struktur ini wajib selalu ada pada sebuah teks deskripsi. Berikut ini akan kami sajikan contoh teks deskripsi beserta strukturnya tentang hewan singa.

Gambaran Umum / Identifikasi

Singa merupakan hewan karnivora yang terkenal buas. Kucing besar yang satu ini sering disebut sebagai raja hutan. Padahal habitat hidupnya berada di padang rumput.

Singa mendapatkan julukan raja hutan karena ketangguhannya dalam berburu serta daya juangnya yang tak mau kalah. Bahkan Singa lebih ditakuti ketimbang kucing besar lainnya.

Umumnya, singa jantan menghabiskan waktunya untuk bermalas-malasan. Sedangkan singa betina akan berburu dan mengajari anaknya menerkam musuh. Meski begitu, kadangkala Singa jantan juga ikut berburu sendirian. 

Deskripsi Bagian

Membedakan Singa jantan dengan betina bisa dilihat dari bagian kepalanya. Umumnya Singa jantan memiliki rambut yang lebat di bagian kepala. Sedangkan untuk Singa betina tidak memiliki rambut di sekitar kepalanya.

Kucing besar yang satu ini memiliki kulit berwarna coklat keemasan. Sekujur tubuhnya ditumbuhi dengan bulu halus. Untuk ekor Singa jantan biasanya akan ada bulu di ujungnya. Sementara Singa betina tidak ada bulu di ujung ekornya.

Singa memiliki kaki yang sangat kuat dan dibekali dengan cakar yang tajam. Kaki yang kuat ini membuat Singa mampu berlari dengan kecepatan 80 km/jam. Cakar tajam yang dimiliki singa digunakan untuk mencabik mangsanya.

Singa juga memiliki taring tajam yang ukurannya lumayan panjang. Taring ini mampu merobek daging dan menghancurkan tulang. Dengan taringnya ini, Singa menjadi hewan yang paling ditakuti di padang savana. Bahkan Harimau, Cheetah, dan kucing besar lainnya juga takut dengan Singa.

Selain bentuk fisik yang menyeramkan, auman Singa juga cukup mengerikan. Suaranya begitu nyaring hingga membuat binatang lain ketakutan akan keberadaannya.

Simpulan

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Singa, sangat wajar jika kucing besar ini disebut-sebut sebagai raja hutan. Julukan “Raja” bukan hanya disematkan karena kegagahannya, melainkan juga karena kepiawaiannya dalam  berburu yang membuat hewan ini makin disegani.

Taring tajam singa yang cukup panjang juga menarik perhatian manusia. Sehingga singa sering diburu untuk diambil kulit dan taringnya. Hingga saat ini, Singa menjadi hewan yang dilindungi karena jumlahnya di alam liar makin menipis.

Penutup

Nah itulah contoh teks deskripsi tentang hewan Singa beserta strukturnya. Sudah makin paham kan tentang contoh teks deskripsi? Kamu juga makin tahu mengenai gambaran hewan Singa.

Semoga contoh teks deskripsi Kelas 7 yang telah kami bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk bagikan informasi ini pada teman-teman kalian ya.