Tidak ada yang lebih berbahaya dan merusak daripada rayap di furnitur kayu. Yang membuatnya lebih buruk adalah bahwa sulit untuk memperhatikan ketika kutu merayap masuk. Baca pendekatan ini selangkah demi selangkah untuk menyingkirkan rayap, yang juga dikenal sebagai Deemak, dari furnitur kayu.

Kenali Rayap Anda

Ada dua jenis rayap yang dapat memengaruhi furnitur kayu bawah tanah dan kayu kering. Rayap bawah tanah hidup di tanah dan juga kayu sedangkan rayap kayu hanya menyerang kayu. Yang pertama lebih suka kondisi lembab dan dapat membangun koloni di bawah rumah, yang berarti mereka dapat dengan mudah menghancurkan fondasi kayu jika ada. Mengetahui anti rayap adalah langkah pertama untuk menjaga perabotan anda bebas rayap.

Carilah lubang di kayu. Ketuk atau dorong ke sana dengan benda runcing. Jika jatuh dengan mudah, itu adalah tanda pasti rayap di furnitur kayu. Mengawasi serbuk gergaji, kotoran atau sayap rayap berwarna kayu di sekitar area tempat keripik atau retakan muncul pada furnitur. Formasi tabung lumpur di dinding rumah adalah tanda rayap tanah.

Kiat Menghilangkan Rayap

Mencari bantuan profesional adalah hal yang bijaksana untuk dilakukan. Tetapi jika infestasi tidak parah, Anda dapat menyingkirkan rayap di furnitur kayu dengan tips DIY ini:

Perawatan Rayap untuk Furnitur # 1: Terpapar pada Sinar Matahari

Paparkan furnitur Anda dari sinar matahari sesering mungkin

Rayap tumbuh subur di kondisi yang lembab dan gelap. Tinggalkan furnitur kayu Anda di bawah sinar matahari selama 2-3 hari terus menerus. Rayap tidak tahan panas dan mati dengan mudah. Metode ini juga membantu menghilangkan kelembaban pada furnitur, sehingga mencegah infestasi lebih lanjut.

Perawatan Rayap untuk Mebel # 2: Membuat Perangkap dari Kardus

Karton terbuat dari selulosa dan aroma kayu yang tidak bisa ditahan rayap. Basahi dengan air untuk membuat aroma lebih berbeda dan letakkan di dekat area yang terkena. Dalam beberapa jam, rayap-rayap memikat ke kardus terbuka. Buang atau bakar untuk menyingkirkan rayap di perabotan kayu.

Bagaimana Cara Menjaga Perabotan Anda Bebas Rayap?

Perawatan Rayap untuk Furnitur # 3: Semprotkan Asam Borat

Jaga furnitur Anda bersih dan bebas kelembaban

Buat larutan serbuk boraks dan air dan semprotkan ke area yang terkena. Ini adalah metode yang tidak beracun dan memastikan rayap pada furnitur kayu lenyap setelah beberapa aplikasi. Anda juga dapat menggabungkan metode ini dengan perangkap kardus untuk hasil yang lebih baik.

Perawatan Rayap untuk Furnitur # 4: Gunakan Nematoda Parasit

Nematoda parasit adalah cacing kecil yang bersembunyi di dalam larva rayap dan membunuhnya dalam waktu 2 hari. Anda dapat membeli ini dari pembibitan lokal atau toko online Anda.

Perawatan Rayap untuk Furnitur # 5: Perawatan Minyak

Jeruk dan minyak nimba juga sangat efektif. Yang pertama mengandung senyawa yang disebut d-limonene dan dapat dengan mudah membunuh rayap ketika mereka bersentuhan. Di sisi lain, minyak Mimba berlaku setelah dicerna oleh rayap. Tuang minyak ini atau semprotkan ke area yang terkena berulang kali untuk hasil terbaik. Semua dikatakan dan dilakukan, pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Jadi, inilah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya serangan rayap:

Pastikan furnitur Anda tidak terkena uap air jenis apa pun

Oleskan gel lidah buaya pada furnitur kayu setiap sekarang dan kemudian karena bertindak sebagai penutup pelindung. Investasikan pada semir kayu dan pekerjakan seorang profesional untuk menerapkannya pada semua furnitur kayu Anda.

Hapus barang-barang kayu yang tidak diinginkan dari rumah Anda karena mereka adalah sarang untuk infestasi. Dapatkan perawatan kimia sesekali yang dilakukan oleh para profesional jika Anda tinggal di kota-kota pesisir. Dengan hati-hati mengikuti tips ini, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang bebas rayap di furnitur kayu.