Cara Baru Reset Printer Epson L120

  • 2 min read
  • Feb 14, 2021

Kita pasti tahu alat printer pasti membutuhkan sebuah program untuk bisa melakukan reset, baik melakukan reset yang mandiri atau manual atau juga melakukan reset dengan cara melakukan cara menekan tombol dengan kombinasi yang sudah di tetapkan, atau bahkan mereset menggunakan bantuan aplikasi resettter.

Dalam artikel ini saya akan memberikan panduan langkah-langkah secara lengkap dalam bahasan cara reset Epson L120 dengan menggunakan metode reset printer Epson L120 dari aplikasi resetter, dengan mudah.

Epson juga telah mengeluarkan sebuah printer dengan fungsi di khususkan untuk mencetak sebuah dokumen dengan kualitas yang sangat baik. Akan tetapi, ada kekurangan dan problem yakni saat menggunakan resetter yang beredar pasaran sekarang tidak bisa bekerja dengan baik, atau dengan kata lain ada ketidak cocokkan pada penggunaan di aplikasi printer Epson L120.

Oleh sebab itu, saya akan memberikan link download yang langsung menuju ke situs downloading. Jika kamu sudah melakukan proses downloading maka kamu harus melakukan ekstrak file yang telah kamu dahulu, terus kamu melakukan klik adjprog.exe, jika sudah maka secara otomatis resetter akan segera mendeteksi sebuah printer yang kamu gunakan, oh iya. Sebelumnya kamu juga harus pasang mengaktifkan terlebih dahulu printer Epson yang kamu miliki.

Panduan Langkah-langkah Reset Epson L120

  • Jika kamu sudah melakukan klik adjprog,exe maka akan muncul tampilan utama dari aplikasi tersebut.
  • Kemudian kamu pilih particular adjustment mode di halaman pertama tersebut, seperti contoh gambar ini.

  • Kemudian jika sudah kamu, harus pilih waste ink pad counter,sehingga akan muncul tampilan berikutnya tapi sebelumnya kamu klik OK terlebih dahulu.

  • Langkah selanjutnya akan muncul beberapa opsi yang harus semuanya kamu lakukan ceklis pada kolom yang ada di tampilan tersebut jika ingin melakukan checking kamu tinggal pilih opsi check di halaman tersebut.

  • Jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan dengan baik dan benar tanpa meninggalkan satu langkah sekali pun, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan melakukan pengosongan tinta yang sudah over.
  • Klik finish untuk bisa melakukan proses simpan reset tersebut, maka printer akan bekerja secara optimal lagi tanpa adanya kesalahan dalam proses pencetakan, sehingga dokumen yang kamu cetak memiliki hasil yang baik dan jelas.
  • Setelah kamu selesai melakukan panduan langkah-langkah tersebut, selanjutnya kamu harus mematikan printer kamu. Perlu kamu ingat, bahwa saat mematikan jangan mematikan secara paksa, yaitu langsung menyambung kabel yang terpasang sehingga umur printer akan cepat rusak dan tidak bisa di gunakan secara maksimal. Proses mematikan printer yang baik dan benar adalah dengan cara melakukan tekan tombol power pada printer tersebut, tunggu hingga mati selama 2 menit. Jika sudah maka kamu bisa menghidupkan lagi printer tersebut dan coba lakukan pencetakan dokumen, dan lihat hasil yang ada di printer tersebut setelah di lakukan proses pencetakan.
  • Jika proses pencetakan masih di temukan masalah pada tinta, maka bisa jadi cartridge pada printer tersebut rusak dan harus diganti.
  • Tapi saya pastikan bahwa langkah di atas bisa membantu kamu dalam merawat printer tersebut dengan cara yang baik dan benar, lakukan reset tersebut secara rutin agar umur printer kamu tidak gampang rusak, biasanya proses perawatan ada di buku panduan printer tersebut, jika tidak ada juga coba cari di internet.

Dalam tulisan artikel di atas saya rasa sudah sangat jelas saya paparkan dengan panjang lebar, mengenai cara reset Epson L120. Silahkan kamu coba cara di atas pada printer Epson kamu dengan catatan tipe printer harus sama yaitu Epson L120.