5 Cara Mengaktifkan Wi-Fi di Laptop

  • 3 min read
  • Aug 31, 2020
5 Cara Mengaktifkan Wi-Fi di Laptop

Menggunakan perangkat keras yang terhubung ke internet mungkin sudah jadi hal biasa untuk masyarakat modern. Meski demikian, tidak sedikit juga orang yang baru memiliki dan baru menggunakan perangkat seperti laptop sehingga kurang memahami cara operasionalnya. Salah satu yang biasanya belum dipahami adalah cara mengaktifkan Wi-Fi di laptop yang baru dimiliki.

Nah, kalau kamu memiliki teman yang demikian dan malas menjelaskan cara mengaktifkan Wi-Fi di laptop, kamu bisa langsung menunjukkan artikel ini padanya. Hitung-hitung menolong teman agar menjadi lebih update dan paham mengenai laptop yang baru dimilikinya, tidak ada salahnya kan?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan Wi-Fi pada perangkat laptop. Cek beberapa cara tersebut di bawah ini!

Cara Paling Mudah, Gunakan Tombol Wi-Fi

Cara Paling Mudah, Gunakan Tombol Wi-Fi

Pada banyak sekali produk laptop, tombol Wi-Fi dengan sengaja disematkan untuk dapat memudahkan penggunanya mengaktifkan dan mematikan Wi-Fi yang ada. Tentu saja namanya orang belum paham, mungkin teman kamu tidak mengetahui letak tombol ini. Kamu bisa membantunya menemukan tombol ini agar ia dapat mengaktifkan Wi-Fi di laptopnya.

Setelah ditemukan, tombol ini tinggal ditekan saja tanpa perlu aksi lainnya. Biasanya ketika Wi-Fi sudah menyala akan ada indikator lampu yang juga menyala, menunjukkan laptop sudah bisa melakukan pemindaian pada jaringan Wi-Fi yang ada di lokasi tersebut. Cara ini adalah cara termudah mengingat tombol tersebut memiliki bentuk fisik dan tidak perlu membuka program apapun.

Cara Mengaktifkan Wi-Fi pada Laptop dengan Tombol Fn

Cara mengaktifkan Wi-Fi pada laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan tombol Fn. Pada beberapa produk laptop dimana tidak disediakan tombol fisik yang secara khusus digunakan untuk aktivasi Wi-Fi, biasanya fungsi tersebut disematkan ke dalam salah satu tombol pada keyboard laptop.

Caranya cukup mudah, hanya tinggal menekan tombol Fn bersama dengan tombol yang memiliki icon Wi-Fi. Sama seperti tombol Wi-Fi pada poin sebelumnya, menyalanya Wi-Fi akan memunculkan indikator berupa lampu di salah satu bagian laptop. Cara ini juga sangat sederhana karena tidak memerlukan kamu atau temanmu membuka program yang lain.

Menggunakan Windows Mobility Center

Menggunakan Windows Mobility Center

Jika teman Anda sudah mencoba kedua cara tersebut dan masih belum bisa menyalakan Wi-Fi pada laptop nya, Anda bisa membantunya dengan menggunakan Windows Mobility Center. Atau jangan-jangan kamu juga belum tahu? Begini caranya.

Untuk laptop dengan Windows 7, klik tombol Start di bagian taskbar lalu pilih Control Panel. Untuk Windows 8, kamu bisa menemukan menu ini dengan menyapukan kursor ke pojok kanan layar, pilih opsi Settings, lalu pilih Control Panel.

Pilih opsi Adjust Commonly Used Mobility Settings yang bisa ditemukan di bagian Hardware and Sound.

Pilih bagian Wi-Fi, lalu klik tombol Turn Wireless On.

Dan selesai, kini laptop bisa melakukan pemindaian pada jaringan Wi-Fi yang ada di lokasimu.

Bagaimana dengan Windows 10?

Pada Windows 10 sebenarnya caranya tidak kalah mudah. Kamu bisa mengklik icon Network yang ada di Taskbar, logo ini berbentuk sinyal Wi-Fi. Kemudian pastikan Airplane Mode tidak menyala, karena ini akan menutup secara langsung pemindai Wi-Fi yang ada di laptop. Matikan Airplane Mode, kemudian nyalakan Wi-Fi dengan klik icon Wi-Fi.

Selesai, kini laptop dengan sistem operasi Windows 10 yang digunakan sudah bisa memindai jaringan Wi-Fi yang tersedia di lokasi tersebut. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bukan?

Masih Tidak Menyala?

Masih Tidak Menyala

Well, jika cara mengaktifkan Wi-Fi di laptop tersebut tidak ada yang berhasil, Anda bisa mencoba cara yang satu ini. Caranya adalah dengan mengaktifkan adapter Wi-Fi yang ada di perangkat laptop:

  • Buka Start Menu, pilih Control Panel.
  • Buka kategori Network and Internet, lanjutkan dengan pilih Networking and Sharing Centre.
  • Pilih opsi Change Adapter Settings.
  • Cari icon Wi-Fi, klik kanan, lalu pilih Enable.

Dengan begini, adapter Wi-Fi yang ada di laptop sudah menyala dan siap digunakan.

Itu tadi beberapa cara mengaktifkan Wi-Fi di laptop yang bisa kamu coba dan sarankan ke teman kamu yang baru memiliki laptop. Jika memungkinkan, dampingi temanmu agar tidak terjadi kesalahan dalam proses aktivitas ini. Meski tidak mungkin berdampak serius, namun bisa jadi ia kebingungan dan menjadi panik.

Mengetahui dan mengajarkan cara mengaktifkan Wi-Fi di laptop bisa jadi pengetahuan yang berguna, tak hanya untuk kamu sendiri tapi juga untuk teman-teman yang baru memiliki laptop. Nah, untuk menikmati jaringan internet yang terbaik setelah bisa menyalakan Wi-Fi, kamu bisa menggunakan layanan Biznet Home. Salah satu provider internet murah ini tetap memberikan jaminan layanan internet cepat dan stabil dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga cocok untuk semua kalangan. Segera kunjungi situs resminya, dan cek setiap paket dan promo yang diberikan untuk pengguna baru!