Menghadapi kegiatan sehari-hari membutuhkan beragam nutrisi dan gizi yang seimbang. Baik dari makanan yang kaya akan nutrisi hingga minuman yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Makan atau minum sembarangan justru dapat merusak atau cenderung merugikan diri sendiri. Tingginya biaya kesehatan atau operasi yang mahal dapat menjadi masalah baru bagi kamu yang mengabaikan gaya hidup sehat [1].

Selain higienitas, tentu makanan dan minuman harus memiliki sumber yang jelas serta proses pengolahan yang dapat dipercaya oleh tubuh. Tentu kamu harus memiliki kriteria untuk memilih hal yang akan dikonsumsi, termasuk air.

Tidak semua air baik bagi tubuh dan tentu hal ini akan berdampak buruk bagi kamu yang mengabaikan pentingnya kejernihan air minum. Ada beberapa kriteria untuk menentukan air mineral terbaik yang layak untuk kamu konsumsi.

  1. Memiliki Warna Jernih dan Tidak Berbau

Ketika mengunjungi warung makan atau tempat makanan yang baru rasanya meminum air putih yang baik sangat sulit didapatkan. Kebanyakan air yang disuguhkan keruh atau cenderung berwarna kuning.

Selain itu, kualitas air yang disuguhkan memang jauh dari standar yang baik. Karena sejatinya air mineral harus memenuhi kriteria sebagai air minum berkualitas dengan warna yang jernih dan tidak berbau [1].

Jernih pun tidak langsung memenuhi kriteria karena ada bakteri tak kasat mata yang bisa saja merugikan tubuh.

Alangkah lebih baik menghindari air mineral yang kurang terjamin kualitasnya dari segi warna maupun bau.

  1. Sumber Air Mineral

Tidak sembarangan dalam meminum air mineral menjadi hal yang penting mengingat banyak kualitas air yang kurang dianjurkan. Biasanya, air mineral yang digunakan berasal dari proses masak [5].

Sumber air mineralnya pun belum diketahui, apakah dari galon air kemasan terpercaya, dari penyulingan air keran, atau bahkan dari sumur?

Sejatinya air yang baik sudah terhindar dari bakteri, memiliki warna jernih, dan tidak memiliki bau menyengat [2].

Tentu bila sumber air mineral yang digunakan untuk konsumsi air putih dari tempat tidak terpercaya akan menimbulkan resiko mendatang. Jadi, pastikan sumber air mineral yang kamu minum dari sumber terpercaya [3].

  1. Memperhatikan Kandungan Air Mineral

Air mineral nyatanya bukan merupakan hal yang sepele. Banyak nutrisi dan senyawa bermanfaat yang baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Menjaga kesehatan dengan air mineral juga penting mengingat banyak hal positif yang didapatkan dari air mineral.

Untuk air mineral dengan kriteria yang sehat, maka kandungan seperti kalsium, magnesium, silika, zinc, natrium, dan nutrisi lainnya akan dapat diserap dengan sempurna ke dalam tubuh [4].

Menentukan kandungan air mineral yang tepat memang sulit, namun biasanya minuman serupa akan tersaji di beberapa produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang berasal dari tempat terpercaya.

AQUA menjadi merek pelopor air mineral sehat yang sudah terpercaya lebih dari 45 tahun di Indonesia. Semua sumber mata air pegunungan yang digunakan sudah melalui 9 kriteria dan 5 manfaat [6].

Para ahli geologi dan geohidrologi turut mengambil peran guna memastikan lokasi yang strategis, air yang memiliki kandungan positif, serta lingkungan pegunungan yang mendukung.

Air mineral dalam kemasan juga layak dikonsumsi mengingat teknologi yang digunakan dalam menjaga kemurnian di setiap tetes airnya. Dari distribusi, produksi, hingga proses penyulingan dan pengemasan diperhatikan sesuai standar kesehatan.

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia.

Karena kesehatan merupakan visi AQUA untuk memprioritaskan para konsumen. Sehat Berawal Dari Sini, AQUA jaga kemurnian air pegunungan hingga ke tangan kamu.

Referensi:

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mengulik-3-kandungan-air-mineral/
  2. https://www.sehataqua.co.id/samakah-kandungan-air-mineral-dan-air-rebusan/
  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/memilih-air-minum-dalam-kemasan/
  4. https://www.alodokter.com/memahami-air-mineral-kandungan-dan-bedanya-dengan-air-putih-biasa
  5. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/nine-types-of-drinking-water#purified
  6. https://aqua.co.id/pengelolaan-sumber-daya-air-aqua