11 Manfaat Vitamin B yang Wajib Kamu Ketahui!

  • 3 min read
  • Jun 22, 2021
Manfaat Vitamin B

Salah satu vitamin yang memegang peranan cukup penting dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi tubuh lainnya adalah vitamin B. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat vitamin B apa saja yang bisa didapatkan tubuh.

Mengenal Manfaat Vitamin B dan Jenisnya Sebelum Anda mengetahui apa saja manfaat vitamin B, perlu Anda ketahui bahwa seseorang yang mengalami defisiensi vitamin B bisa mengalami depresi, rasa cemas berlebih dan perubahan suasana hati. Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang lebih mudah depresi memiliki tingkat folat (vitamin B9) dalam darah yang lebih rendah. Folat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, kacang polong, kacang tanah, kacang polong dan jeruk.

Perlu diketahui, vitamin B mengandung thiamin, riboflavin, niacin/niacinamide, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, dan asam pantotenat. Selain itu, terdapat beberapa jenis vitamin B dan masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Apabila semua zat ini digabungkan maka hal itu disebut vitamin B kompleks. Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin B yang perlu kamu ketahui.

  • Tingkatkan fungsi kognitif penderita Alzheimer

Fungsi vitamin B1 bisa bantu perbaiki fungsi otak, terutama pada penderita Alzheimer. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Vietnamese American Medical Research Foundation dimana melaporkan jika asupan vitamin B1 bisa meningkatkan fungsi kognitif pada pasien Alzheimer.

  • Cegah beri-beri

Fungsi vitamin yang cukup dikenal adalah mencegah penyakit beri-beri. Penyakit ini sering terjadi karena tubuh tidak bisa mengubah asupan karbohidrat dari makanan jadi energi. Hal tersebut mengakibatkan penumpukan asam piruvat dalam aliran darah serta menyebabkan beri-beri.

Adapun gejala penyakit beri-beri seperti penurunan fungsi otot, sesak nafas, detak jantung meningkat, kaki bengkak, mual, bahkan sulit berbicara. Penyakit ini kerap kali memicu masalah kesehatan lain, seperti gangguan jantung atau gangguan sistem pencernaan.

  • Meredakan stres

Vitamin B1 sering disebut vitamin anti-stres. Fungsi vitamin B1 bisa bantu kendalikan suasana hati serta gangguan fisiologis akibat stres. Dengan asupan vitamin B1 yang cukup, maka seseorang yang mudah stres bisa merasa lebih tenang, berpikir positif, serta sanggup melawan stres yang mengganggu.

  • Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Fungsi vitamin B  juga bisa membantu meringankan berbagai penyakit, seperti sariawan, diabetes, stres, mabuk, HIV/ AIDS, katarak, glaukoma atau gangguan penglihatan lainnya, kanker serviks, penyakit jantung serta kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kendati demikian, fungsi vitamin B1 di atas perlu diteliti lebih lanjut.

  • Kuatkan fungsi otak

Menurut University of Maryland Medical Center, fungsi vitamin B6 untuk membuat neurotransmitter, bahan kimia yang membawa sinyal dari satu sel saraf ke sel lainnya. Neurotransmitter dibutuhkan untuk memproses daya ingat serta meningkatkan fungsi otak.

Ini dibuktikan sebuah penelitian yang mengungkapkan ada keterkaitan risiko penyakit Alzheimer dengan kekurangan vitamin B

  • Mencegah penyakit jantung

Penelitian mengungkapkan jika kombinasi vitamin B6 serta vitamin B12 bisa bantu mencegah penyakit jantung. Ini karena fungsi vitamin B6 untuk menurunkan kadar homosistein dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan vitamin B6, maka homosistein terus meningkat hingga menyumbat pembuluh darah. Kemudian, hal ini bisa berakibat pada risiko serangan jantung serta stroke.

  • Menyehatkan otak

Kurang vitamin B12 bisa mempengaruhi kinerja memori serta risiko pikun. Fungsi vitamin B12 juga bisa meningkatkan suasana hati. Sebab, vitamin B12 berperan penting dalam sintesis serta metabolisme serotonin yang perannya untuk mengatur suasana hati. Kurang vitamin B12 berkaitan dengan risiko stres serta depresi.

  • Cegah Anemia

Kemudian, fungsi vitamin B12 penting untuk memproduksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan pengurangan pembentukan sel darah merah serta mencegah berkembang dengan baik. Dampaknya tubuh kekurangan sel darah merah dan kemudian memicu anemia.

  • Jaga kesehatan tulang

Seseorang dengan kadar vitamin B12 yang rendah cenderung memiliki kepadatan tulang yang rendah. Tulang dengan kepadatan mineral yang menurun bisa jadi rapuh seiring waktu, dan akhirnya menyebabkan peningkatan risiko osteoporosis.

  • Meningkatkan energi

Suplemen vitamin B12 mampu meningkatkan energi. Sebab vitamin B12 sendiri memainkan peran penting dalam produksi energi tubuh. Salah satu tanda kekurangan vitamin B12 yaitu kelelahan atau kekurangan energi. Vitamin B12 terlibat dalam produksi energi dalam tubuh. Kemudian fungsi vitamin B12 juga bisa menyehatkan jantung, penglihatan, bahkan mencegah resiko cacat lahir pada anak.

  • Menjaga kesehatan kulit

Vitamin B2 (Riboflavin) merupakan jenis vitamin yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Kekurangan vitamin B2 berhubungan dengan meradangnya jerawat.

Selain itu, memiliki peran dalam sekresi mukus pada jaringan kulit yang membuat kulit tetap lembut. Vitamin ini bisa mencegah kondisi kulit, seperti eksim dan dermatitis.

Sementara Vitamin B3 (Niacinamide) Berperan memperbaiki lapisan teratas kulit, yakni lapisan epidermis dalam menahan kelembaban. Mampu menghambat transfer pigmen ke sel kulit sehingga membentuk flek hitam bisa diminimalisir.

Untuk vitamin vitamin B5 yang mengandung asam pantotenat terbukti mampu mengurangi pembentukan minyak dan mengurangi pembentukan jerawat. Vitaminnya memiliki efek moisturizing yang penting dalam memelihara barrier kulit, sehingga menjadikan kulit terasa lebih kenyal, sehat, dan

Untuk pastikan kamu dapatkan berbagai kandungan vitamin B yang baik untuk tubuh, konsumsi Mizone, satu-satunya minuman Isotonik + vitamin B3 B6 B12, yang bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

Berbagai kandungan vitamin B yang ada pada Mizone juga siap membuat kamu tubuh jadi bugar dan sehat, kamu juga bisa jalani berbagai rutinitasmu dengan lebih nyaman dan lancar!